Thursday, September 04, 2008

What's up?

~ 24 Agustus’08. Bandung lagiii… padahal baru akhir bulan lalu kita main kesana. Gak pake rencana-rencanaan, Ay lagi ada waktu dan nawarin, ya udah berangkat pagi2, main ke tempat Abang Angga (pas disana lagi ada emaknya juga, hai Sis, kangen euy). Dendam nih sama mang Oyo yang buburnya abis dimana-mana, salah sendiri kesiangan. Trus temenin Abang Angga belanja buku ke Palasari, sayang si Abang Haqqi bobo di mobil, jadi Ibu gak bisa ikutan hunting buku. Sebelum pulang, biasa deh, makan mie yamin dulu ke Wale, slruup!

~ 30 Agustus'08, MP Book Point, Kemang. Launching buku Cooking With Love, a tribute to bunda Inong. Haru, seru, happy jadi satu. Baru buka beberapa lembar bukunya, udah nangis, ngobrol sama Ummi-nya mbak Inong juga mewek, nyimak mbak Ratih-Sang baca puisi juga banjir airmata, hiks. Iya, seperti mbak Ratih-Sang bilang, aku juga cemburu sama mbak Inong, yang punya begitu banyak sahabat yang terus mencintainya meskipun beliau sudah tiada. Aku cemburu dengan banyaknya ilmu yang beliau tinggalkan sehingga menjadi amal yang tidak pernah terputus mengalir untuknya.

Tentang mbak Inong, sebenernya beliau adalah salah satu inspirasiku, yang membuatku sekarang ini bisa akrab sama dapur. Dulu ilmu per-baking-anku sama sekali nol besar, ilmu memasak cuma sebatas ngumpulin resep.

Waktu mas Hafizh masih bayi, aku join milis Dunia-Ibu. Disana aku belajar banyak tentang segala hal yang menyangkut dunia kewanitaan termasuk dapur. Salah satu member yang sering menjadi narasumber masalah seputar dapur ya mbak Inong itu. Pelan-pelan aku mulai tertarik mencoba resep-resep yang mudah. Ngobrol pertama kali dengan beliau tentang fruit pie yang kebetulan mau aku buat dalam jumlah banyak. Selanjutnya makin sering beliau membantu menjawab pertanyaan2ku yang awam ini sampai akhirnya beliau mengundangku menjadi member di milis yang baru saja dibuatnya yaitu milis Dapurbunda.

Sejak itu aku menemukan keasyikan tersendiri di dunia itu, ternyata aku suka bikin kue! Ternyata aku bahagia melihat anakku suka kue buatan ibunya sendiri! Ternyata ada orang lain yang mau membayar kue buatanku! Jadi begitulah, aku kecanduan bikin kue dan sampai sekarang jadi tukang kue amatiran, gak lepas dari perkenalanku dengan mbak Inong (iya sampai detik kepergiannya aku masih memanggilnya dengan Mbak Inong, instead of Teh atau Bunda seperti teman-teman lainnya, udah kebiasaan sejak di Dunia Ibu).

Zaman dulu blogger, apalagi food-blogger, belum seramai sekarang, beliau udah berseliweran dengan gape di dunia maya itu. Aku membuat blog dapur juga terinspirasi dari beliau. Dari mbak Inong aku belajar untuk berbagi. Ilmu dapur yang cuma sedikit ini gak akan pernah pelit untuk aku bagi dengan orang lain.

Semoga kamu bahagia disana ya mbak…

Ke launching buku aku ditemenin sama mas Hafizh, yang exciting mau ketemu Bara Pattiradjawane si Gula Gula tea. Tapi disana mas Hafizh malah betah main di dalam toko buku yang cozy banget itu. Cuma pas Bara demo bikin kue dia duduk manis didepan panggung, selebihnya dia membaca aja didalam toko buku sementara Ibunya temu kangen dengan teman-teman lama dari milis Dapurbunda.


Chef Bara & Chef Hafizh


Ratih & Ratih, beda kinclong :))


~
Sehari sebelum puasa, ditraktir Eyangkung makan Bebek Bakar di jalan Padang, Manggarai. Eunaak!



~
Senin 1 September 2008, hari pertama Ramadhan dan hari ultah Ayah! Happy bday ya Ayah, semoga panjang umur dalam sehat dan barokah Allah, semoga semakin berkualitas ibadahnya dan semoga selalu sayang sama daku, mas dan abang ;)


Ini kado dari kita, blueberry cizkek yang tidak sempat Ayah cicip, hehe… Sudah dipotong-potong dan bagi-bagi ke tetangga, soalnya Ayah lama sih ke Lampungnya.

~ Kenapa juga harus tutup dapur? Ntar pelanggan elu kabur loh! Kurang lebih gitu deh komentar beberapa rekan waktu aku bilang libur bikin kue di puasa & lebaran tahun ini. Biarin deh, insyaAllah rezeki gak kemana-mana ya, yang penting Ramadhanku dan keluargaku tahun ini harus lebih baik daripada tahun lalu, InsyaAllah. Amiin.

~ Hari ini sudah hari ke-4 Ramadhan, mas Hafizh –Alhamdulillah- masih semangat berpuasa. Bangun sahur juga gak susah, makan & minumnya banyak (biar kuat katanya), dan gak tidur lagi setelah sahur, langsung siap-siap sekolah dan nunggu dijemput -sekitar jam 6.30 pagi- sambil baca komik :D. Oiya, pas bulan puasa ini mas berangkat ikut jemputan sekolah juga (biasanya kan diantar Ay & Ibu sambil ngantor).
Siang haripun mas gak banyak mengeluh seperti tahun lalu, yang bolak-balik telpon Ibu minta izin minum, hehe. Tahun ini malah Ibu yang bolak-balik nanya,
Masih kuat mas?
Kuat dong buu…
:)
Terus semangat sampai akhir Ramadhan ya mas..

1 comment:

Anonymous said...

cizkeiknya sungguh menggoda..... ;-)

buat ayah, selamat ulang tahun yaaa.....