Tuesday, July 03, 2007

Dubbing Workshop for Children


Keren ya judulnya. Acaranya juga keren. Mas Hafizh luar biasa senang dan bersemangat ikut acara yang diselenggarakan oleh teman-teman subtitling-dubbing di kantor ibu ini. Acara ini dibuat khusus untuk anak-anak para karyawan untuk mengisi liburan. Isinya adalah memperkenalkan dunia sulih suara kepada anak-anak, dunia yang sebenarnya dekat dengan keseharian mereka secara hampir semua film kartun yang mereka tonton telah melewati proses sulih suara.

Ada tiga kelompok usia yang bisa ikut kegiatan ini. Kelompok usia 7-8 tahun (cookies), 8-10 tahun (popcorn) dan 10-13 tahun (lemon tea). Masing2 kelompok usia dibagi menjadi dua kelas. Mas Hafizh ikutan kelas Cookies-1 yang isinya ada 15 orang anak. Alhamdulillah nggak salah ibu 'maksa' panitia untuk menerima mas Hafizh meskipun usianya masih enam tahun, soalnya terbukti mas Hafizh bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik dan bikin kelas jadi rame karena kecerewetannya.


kiri: suasana kelas hari pertama, kanan: foto bareng kak Oni 'Sinchan'

Hari pertama, kamis 28 Juni, mas Hafizh berangkat kantor bareng Ibu, langsung ke ruang pelatihan. Setelah acara dibuka, mas Hafizh Ibu tinggal untuk bekerja. Hari ini materinya adalah pengenalan dunia sulih suara secara teori dan praktek oleh kakak-kakak pelatih, pengenalan naskah juga alat-alat pemrosesan sulih suara, menonton film kartun Ace Striker yang belum didubbing dan yang sudah didubbing. Yang seru hari ini ada bintang tamu yang khusus hadir untuk kegiatan ini yaitu kak Oni 'sinchan' Syahrial. Kak Oni yang dimana-mana memang selalu disukai oleh anak-anak membuat kelas jadi ramai dan penuh tawa.

Jam 4 sore pelatihan hari pertama selesai. Mas Hafizh menunggu jam pulang di ruangan Ibu. Dijemput Ayah, langsung ke Bobo Fair di JHCC. Pokoknya senang banget deh mas Hafizh hari itu, ajaib banget deh energinya kok gak habis-habis :)



Hari kedua, Jumat 29 Juni, Ayah cuti, jadi dek Haqqi ikutan nganter mas Hafizh ke Pelatihan :). Hari ini kegiatannya adalah mempraktekkan langsung kegiatan sulih suara. Separuh kegiatan hari ini dihabiskan di ruang sulih suara untuk mengisi suara film kartun Ace Striker. Mas Hafizh kebagian mengisi suara tokoh Hikaru disalah satu scene.


kiri: latihan vokal itu ternyata penting loh...
tengah: take suara di studio, susah euy ambil fotonya, gelap pula :)

kanan: foto bareng kakak-kakak pelatih yang baik2 & sabar banget


Setelah seluruh pelatihan hari ini selesai, mas Hafizh dan teman-teman diajak berjalan-jalan ke ruangan-ruangan 'penting' di SCTV. Pertama ke ruang redaksi Liputan-6, disini diperlihatkan preview tayangan liputan tentang kegiatan siang tadi, yang rencananya akan tayang di liputan petang dan pagi. (hiks, sayang banget Ayah Ibu terlewat gak lihat tayangannya)
Kemudian mas Hafizh dan teman2 mengunjungi studio liputan, mencoba kursi presenter, berkhayal jadi kameraman, waah... seru banget!
Acara selesai dan ditutup setelah kunjungan ke ruang grafis, ruang editing, ruang audio post dan ruang master control.
Makasih ya kakak-kakak pelatih dan panitia. Acaranya menyenangkan dan sangat bermanfaat!.



atas: nyoba kain chromachy yang bisa bikin orang menghilang di layar kaca,

kata mas Hafizh kayak jubah Harry Potter :)
bawah: gaya kameraman dan mejeng bareng didepan kamera



kiri atas: redaksi liputan6, itu ada aku di tipi.... :)
kanan atas: ruang editing, tempat tayangan dibikin jadi cakep
kiri bawah: ruang grafis, lihat cara bikin animasi sederhana
kanan bawah: ruang master control, semua acara sctv dikendalikan disini loh..


.

7 comments:

Lesca Boma said...

Wah, seru banget!!!
Kalo anak yang Ibunya ga kerja di SCTV ga boleh ikutan pelatihan ya? :D
Atau temen Ibunya..? ;-)

~Bunda ShaHaRee~ said...

wowww kerennn sekali acara liburannya ya mas hafizh ? jadi ngiri deh hehehe ..

sama ama mb lesca, boleh ga mba tahun depan shafa ikutan program ini ? kali ini kkn gak papa deh hihihi ....

Mom of Calysta 'n Clarissa said...

seru banget ya pelatihannya... Hafizh pasti seneng dunk ya...

Calys boleh ikutan jg gak niy ntar kl dah segede Hafizh???

Anonymous said...

wah asik ya kalo udah gedean gitu bisa banyak ide ngisi liburan.. seruuuu

Ratih said...

Lesca: semoga tahun depan dibuka utk umum ya, itu juga kalo kantor gak kapok, soalnya anak2 itu bikin kantor berisik, hihi...

mb Lilik: hafizh juga iri, shafa udah berani kemping, hafizh belum pernah :)

Calys: bolee... Calys cepet gede yaa.. :)

mb Yanti: tetep aja bingung mbak, udah seminggu libur, skrg ibunya mati ide lagi nih...
btw, aku gak bisa ninggal komen samsek di rumahmu loh mbak :(

Anonymous said...

wah enak ya kerja di sctv... bisa muncul di tv! waaa...
hasil yang didubbing disiarin gak? kapan jam berapa? mo dengerin suara mas hafzh yg pasti sepoi2 kayak ibunya, hehehhehe....

Anonymous said...

Adduhh...seneng banget dan seru sekali acaranya..., aih2..coba dikantor ayah ada gitu yg punya ide kayak gini.., rame2 ama temen2 kan asyik yaa..., tapi aku pernah liat studio-nya padamu negeri..guedeee banget!!...,