Friday, December 22, 2006

Hari Ibu


Kenapa hari ibu di Indonesia beda tanggal dengan mother's day di luar negeri sana yang jatuh di bulan Mei?. Aku pernah baca, dulu pada tanggal 22 Desember, tahunnya lupa, pokoknya jauh sebelum Indonesia merdeka, diselenggarakan semacam kongres perempuan. Disana terbentuk perkumpulan perempuan yang bertekad men-sejajarkan diri dengan kaum laki-laki dalam berjuang memerdekakan bangsa dan juga berjuang menjadi perempuan yang maju. Hari itu pada akhirnya ditetapkan sebagai Hari Ibu.

Dulu, katanya, peringatan Hari Ibu lebih menekankan pada penghargaan buat para Ibu atas jasa-jasa dalam keikutsertaan dalam perjuangan bangsa. Kemudian makin lama makin bergeser kepada jasa para Ibu sebagai Ibu. Akhirnya jadi sama seperti konteks mother's day yang ditandai dengan pemberian hadiah atau ucapan terima kasih atas semua cinta kasih Ibu.

Senang ya, ada satu hari yang didedikasikan khusus untuk Ibu. Tadi pagi waktu aku buka jendela kamar, Hafizh yang baru membuka mata langsung bilang 'selamat hari ibu!'. Padahal tadi malam dia udah mengucapkannya. Menjelang tidur semalam, tiba-tiba saja dia teringat kalau besok hari ibu. Buru-buru dia mengambil kertas dan bolpen trus keluar kamar. 'Mau bikin surat' katanya. Aku nggak boleh liat. Nggak lama dia masuk lagi, langsung peluk dan cium aku sambil bilang 'selamat hari Ibu, aku sayang Ibu'.

Terharu. Apalagi baca suratnya. Ada tulisan besar: SURAT. Terus dua baris kalimat 'ibu sayang hafizh' dan 'hafizh sayang ibu'.

"Maaf ya Bu, suratnya pendek. Aku tadi siang lupa bikin. Besok aku bikinin lagi ya..."

Hafizh tuh kayak ada yang ngajarin aja. Kalau dia lagi nggak liburan pasti aku kira dia diajarin disekolah. Mungkin dia lihat beberapa iklan layanan masyarakat di tipi tentang Hari Ibu ya. Jadi nggak sabar pengen lihat suratnya yang kedua malam nanti.

Makasih ya Nak, udah ngingetin Ibu juga untuk telpon Nyai, manusia paling baik sedunia bagi Ibu.

Selamat Hari Ibu!


2 previous comments

No comments: