Wednesday, December 06, 2006

Sedih

Hari ini usia dek Haqqi 5 bulan 8 hari. Kelihatannya ASI eksklusif gak sampe nih ke enam bulan. Hiks, nyaris frustasi ngejar target perasan ASI yang makin gak ngejar kebutuhan adek. Sebulan yang lalu kekurangan perasan ASI bisa diatasi dengan memeras diwaktu malam. Tapi sekarang, malam hari juga adek minumnya banyak, jadi gak ada sisa yang buat diperas lagi. Huhu… padahal aku makan udah luar biasa rakusnya demi peningkatan produksi ASI, belum lagi minum susu yang bisa 4x dalam sehari, tapi hasil perasan ASI tetep aja sama dari dulu, gak bertambah, sementara adek minumnya makin banyak. Perasan harian udah kalah kira-kira satu kali minum (sekitar 100ml-an).

Akhirnya, sekarang ini satu demi satu stok ASI di freezer diturunin nyaris tiap hari untuk menutupi kekurangan itu. Stok ASI beku yang dikemas ukuran kecil kira2 120-150ml, disiapkan sejak seminggu sebelum ngantor memang untuk kondisi seperti ini. Tadi pagi ngintip ke freezer sudah tinggal 7 botol lagi. Huhu… berarti kira-kira ya tujuh hari kerja lagi deh ASI ekslusifnya.

Sumpah, sedih banget! Tiba-tiba muncul rasa marah kalo melihat ibu-ibu disekitarku yang bekerja dirumah tapi gak ada niat serius ngasih ASI ke anaknya. Rasanya sebeell banget, hiks gak boleh nih, tapi aku lagi bener-bener iri sama mereka yang punya kemewahan waktu. Heran deh kok gak mau ngasih kemewahan juga buat anaknya. (Iya ASI saat ini udah jadi barang mewah buat bayi). Seribu alasan mereka lontarkan supaya bisa ngasih susu formula mahal ke bayinya, walaupun seribu alasan juga dibeberkan tentang istimewanya ASI.

Sementara dilain pihak, banyak juga teman-temanku yang kepengen banget bisa menyusui, sampai segala cara ditempuh, tapi tetap gak berhasil. Sebagian karena alasan medis sebagian lagi akibat kendala waktu & tenaga sebagai ibu yang bekerja kantoran. Kalau ingat ini, bisa eksklusif sampai lima setengah bulan saja aku udah harus bersyukur banget ya.

Ayo, tetap semangat ya Bu! Masih ada waktu untuk berusaha lebih giat lagi.









No comments: