Wednesday, June 27, 2007

bye..bye TK tercinta!


Hari ini adalah hari pembagian raport di TK mas Hafizh. Boleh dibilang ini adalah kali terakhir mas Hafizh datang ke sekolahnya tercinta. Iya, mas Hafizh cinta banget sama sekolahnya ini. Bayangkan, sejak usia 2 tahun (wii... sudah empat tahun ya) mas Hafizh sekolah disini. Alhamdulillah mas Hafizh gak pernah bosan dan selalu bersemangat ke sekolah setiap hari.

PG/TK Alhamidiyah adalah sekolah yang lulus survey sejak sebelum kita masih di Kebon Jeruk dan pindah ke Sawangan. Kita memang mencari sekolah untuk anak 2 tahun yang isinya nggak 'sekolah' alias full bermain. Alhamdulillah pilihan kita nggak salah, meskipun lokasi agak jauh dari rumah kira2 15 menitan di mobil jemputan, tapi ternyata hasil yang didapat melebihi harapan semula. Awalnya kita hanya ingin mas Hafizh bisa bermain yang terarah sekaligus bersosialisasi, tapi ternyata hanya beberapa bulan 'sekolah' sudah terlihat kalau mas Hafizh jadi lebih mandiri (bisa makan sendiri, ke kamar mandi sendiri), senang berteman & berbagi, hafal banyak surat dan doa-doa pendek.

Alhamdulillah, kekhawatiran banyak orang kalau sekolah terlalu lama nanti bisa bosan, ternyata tidak terbukti pada mas Hafizh. Yang ada adalah rasa rindu ke sekolah kalau libur agak lama. Kita percaya dunia anak-anak adalah bermain, selama ada sarana bermain yang menyenangkan gak mungkin anak-anak akan bosan bermain, ya kan?.


hari pertama di playgroup

Seperti yang kita harapkan, sekolah mas Hafizh ini gak pernah membebani muridnya dengan pelajaran apapun. Tidak ada pelajaran baca tulis hitung yang ditargetkan, semua dilakukan hanya metode pengenalan dengan cara bermain (meskipun sekolah tetap mengakomodir keinginan banyak wali murid untuk menyediakan kelas khusus baca tulis diluar jam sekolah demi tuntutan zaman :p). Alhamdulillah lagi mas Hafizh bisa lancar membaca di usia 4,5 tahun 'hanya' dengan cara bermain seperti itu di sekolah dan di rumah. :)

Bagi mas Hafizh tempat yang paling menyenangkan di sekolah adalah taman bermain. Isi dari taman bermain ini salah satunya adalah dua buah perosotan melingkar yg besar, termasuk jembatan goyang, tangga tali, dll. Empat tahun sekolah, mas Hafizh gak pernah bosan bermain di taman ini, setiap hari!. Menurut om Iwan sopir jemputannya, setiap pulang sekolah tidak pernah sulit mencari mas Hafizh, di pasti ada disana dan baru akan beranjak masuk ke mobil kalau om Iwan sudah berteriak bahwa teman2 di mobil sudah lengkap dan tinggal menunggu mas Hafizh. Haha... empat tahun! Makanya gak sulit bagi mas Hafizh untuk menyukai calon SD-nya nanti, soalnya ada playground dan -yang paling penting- perosotan :D.


kiri: hari ketiga di playgroup, di depan perosotan tercinta
kanan: dengan Adel, sahabat sejak playgroup, cuma terpisah di TK A

Makasih buat bunda-bunda yang baik-baik banget dan selalu sabar mendidik mas Hafizh. Terutama bunda Ati dan bunda Nining di TK B3 yang tadi bilang kalau mas Hafizh adalah anak yang selalu ceria dan penuh semangat, jago menghapal tapi hampir selalu 'lupa' membereskan barang-barangnya, hehe... ini memang masih selalu jadi pe-er buat Ibu.

Selamat tinggal sekolahku... nanti kalo adek Haqqi masuk playgroup, aku pasti kesini lagi (ini kata mas Hafizh tadi :D)


3 comments:

~Bunda ShaHaRee~ said...

wow .... 4th ya mas, sama kog sama shafa :D

Alhamdulillah bisa nemu sekolah spt ini ya mba, dunia anak adalah dunia bermain, insyaAllah anak2 bisa bener2 menikmati masa2nya itu ....

btw, shafa jg selalu bilang gini "bun, entar klo aku dah SD dan dek Hafiz ada acara di sekolah, aku ikutan ya bun" :)

Anonymous said...

hi..hi.., kadang aku pengen ketawa deh.., pengalaman kita ber-3 sama deh.., ayra jg 4thn di TK-nya..terus waktu pisahan kemarin, abang jg bilang; boleh kan kalau abang main ke sekolah lagi, jemput Alby.., abang boleh main sambil nunggu Alby pulang...

seneng yah..., karena anak2 cinta sekolah dan sayang ama sekolahnya.., moga2 akan terus begitu utk sekolah2 anak2 kita selanjutnya amin.. :)

Era Karyadi said...

kemaren itu kita sempet ketemuan ya.. sama-sama ambil rapot..waktu pas Ratih motret Hafizh di depan perosotan yang terakhir kalinya... wuihh sedih dong ya.. Kak Aliya sama Bonita juga cinta banget ama sekolahnya.. sampe-sampe SDnya pun minta disana...