Monday, August 20, 2007

Upacara



Belasan tahun! iya ternyata sudah belasan tahun yang lalu saya terakhir kali ikut upacara bendera secara langsung. Upacara penaikan bendera yang setiap hari senin dulu waktu jaman sekolah terasa amat sangat menyebalkan dan segala akal daya diupayakan untuk menghindarinya :p.

Tapi jumat lalu, di upacara 17 Agustus sekolah mas Hafizh, saya -aneh sekali- sangat antusias mengikutinya ketika diumumkan bahwa orangtua murid (yg memang diundang ke sekolah) boleh mengikuti upacara di tepi lapangan. Segera saya berdiri di barisan paling depan dan mengikuti upacara dengan khusuk :D.

Melihat bendera merah putih dinaikkan, Indonesia Raya -satu stanza- dinyanyikan, mendengarkan pidato pembina upacara, membaca text Pancasila bersama-sama, mendengar lagi pembukaan UUD yang dulu sangat saya hapal, mendengar naskah proklamasi dibacakan, menyanyikan lagu-lagu kebangsaan sambil mengibarkan bendera kertas, semua saya ikuti dengan semangat dan hati (juga mata) yang menghangat :).

Ah... rasanya memang perlu setahun sekali saya ikut upacara secara live, supaya saya selalu sadar bahwa saya sangat -masih sangat- cinta negeri ini.


7 comments:

~Bunda ShaHaRee~ said...

believe me mb, tiap kali denger lagu indonesia raya klo pas dinyanyiin di latian pramuka, daku selalu merinding ...

bener ya, betapa caruk maruknya negeri kita ini, kita masih amat sangat mencintainya ..

merdeka !!

btw, kmrn ikutan upacara 17an bertepatan dengan training ESQ, huhuhu, bener2 3 hr air mata tumpah ruah ....

Lesca Boma said...

Setuju!!!! :D

geka said...

Maksud diadakan upacara bendera, sebenarnya adalah untuk memelihara dan membina semangat kebangsaan, yang sekarang kelihatannya agak memudar karena adanya kotak2 kedaerahan. Darimana asalmu ; Batak, Manado, Dayak, Papua, Bali, Ambon, Jawa, Sunda tetap satu : Indonesia. Merdeka !!!

Lita Uditomo said...

waduh, Tih...daku bacanya sampai ikut 'menghangat' nih mata...

mmg baru kerasa skrg ya kalau upacara bendera adalah salah satu alat pendidikan untuk memupuk semangat kebangsaan, dan rasa cinta pada tanah air...dulu kalo disuruh upacara kabur2an..hehe..

Anonymous said...

mb Lilik: cinta mbak, ternyata masih cinta banget ya sama negeri ini... :)

Lesca: Merdeka!! :D

GusKoko: Bener banget Gus, untung sekolah mas Hafizh tiap senin ada upacara, semoga semangat kebangsaan selalu terpelihara di generasi2 mendatang. amiin

mb Lita: dulu suka kabur juga ya mbak? kirain aku doang.. haha..

Anonymous said...

daku masih lho, setahun sekali upacara bendera :) jaman sebelum thn 98 malah sebulan sekali tiap tgl 17 jg.., maklum knt pmrth bahkan kembali jadi pengibar bendera (SD_SMP_SMA jadi pengibar mulu), tapi liat Ayra upacara dihari pertama sekolahnya..beda jg rasanya..

inget jaman sekolah... :)

merdeka!!

Vina Revi said...

rasanya udah lamaaaaaaa banget gak pernah ikut upacara. Kira-kira masih kuat gak ya kalo harus berdiri sekitar 1-2 jam untuk upacara? :)