Wednesday, May 02, 2007

Tas Pertama


Haah.. sudah sebesar ini baru punya tas? hehe… nggak ding, maksudnya ini adalah tas mas Hafizh yang pertama kali dibelikan oleh Ibu. Sekolah sudah hampir empat tahun, pakai beberapa tas, tapi semuanya tas gratisan. Ada yang hadiah dari produk, ada yang hadiah ultah dari tante-tantenya. Paling sering adalah tas yang merupakan goodie bag-ultah teman2nya. Mulai dari yang kecil sampai yang besar, dari yang selempangan sampai yang ransel, dari yang bahannya standard dan cepet rusak sampai yang awet berbilang tahun. Semua dipakai oleh mas Hafizh. Souvenir yang bermanfaat sekali ya.

Mas Hafizh itu nggak pernah sekalipun minta dibelikan tas, meskipun dua buah tas yang dipakai bergantian antara sekolah, les (sempoa+melukis) & mengaji saat ini sudah luar biasa bututnya. Masih bagus kok Bu, katanya. Tapi lama-lama Ayah Ibu sedih juga melihatnya. Makanya Ibu sengaja muter-muter sojong mandiri nyari tas ransel. Kalau ditanya mau yang model apa, mas Hafizh bilang; apa aja, tapi gambarnya spiderman atau power ranger.

Sepertinya sifat ‘rada pelit’ ini menular dari Ayah Ibunya deh, hehe… Punya barang kalau nggak rusak banget nggak akan beli baru. Jadi ingat cerita Ayah yang diolok-olok di kantornya, karena cuma punya satu buah sepatu untuk ngantor. Haha... Pokoknya kalau urusan dandanan dan tongkrongan, Ayah Ibu memang juara deh iritnya. Untuk urusan ini Ayah Ibu memang masih teruss berusaha belajar memilah mana keinginan mana kebutuhan. Jadi setiap mau belanja barang baru, pasti nanya dulu ini butuh atau ingin ya. Kalau cuma ingin, ya nunggu aja deh sampai berubah jadi butuh. Jawabannya ini susah karena perlu kejujuran dari hati nurani. Hwaa beraaatt euy!
Tapi lumayanlah hasilnya bisa buat mem-balance kebocoran dibidang lain. :D

Urusan sepatu, sama juga sama urusan tas. Mas Hafizh cuma punya satu, kado dari tante Nining waktu ultah ke-4, berarti baru dua tahun umur sepatunya. Mas belum minta diganti juga. Tapi baru tadi pagi, bagian alas di dalam sepatunya mulai lepas, jadi ibu janji sendiri nanti insyaAllah kalau mau masuk SD ibu belikan yang baru.

Seperti Ayah yang sering gak berhasil nahan belanja di gramedia, atau seperti Ibu yang suka kalap-nggak-jelas di toko bahan kue, mas Hafizh juga punya kelemahan :). Yaitu kalau melihat counter cd edu-game, pasti merengek minta dibelikan, ampuun deh Mas!. Malahan kalau untuk mainan, mas Hafizh termasuk sudah bisa menahan diri. Kadang sudah puas cuma dengan lihat-lihat aja.

Ada satu toko mainan di depok town center yang sudah hapal dengan kunjungan mas Hafizh yang cuma-lihat2-aja itu. Kebetulan Ibu sering ke counter kerudung Rabbani di sebelah toko mainan itu (soalnya ibu kan jadi sub-agennya Rabbani). Nah, mas Hafizh itu betah banget main di toko itu sementara Ibu bertransaksi disebelahnya. Nanti kalau ada mainan yang bagus, ditarik deh tangan Ibu; bagus ya Bu, hmm... tapi mahal. (Hehe... bagi Hafizh kalo label harganya sampai lima digit itu udah mahal banget). Sudah, cuma sampai begitu aja, nggak pernah maksa minta dibelikan.

Tapi kalau udah kepengen banget, gini nih caranya:
+ Bu, punya uang tujuh ribu nggak?
~ punya
+ tujuh ribu itu mahal apa murah?
~ kalau buat beli barang yang kita perlu, ya murah mas
+ hmm…(mikir) kayaknya aku sudah perlu mainan baru deh Bu, itu ada gasing bentuk dinosaurus, cuma tujuh ribu loh Bu, murah ya...
~ (nyengir)



5 comments:

Mieke said...

ha ha ha pinternya mas Hafizh kalo merayu ibu, wah patut di contoh nih menahan keinginan dan memprioritaskan kebutuhan (aduuuuh susahnya yah buat diriku), btw rumah barunya keren lho!

Anonymous said...

hihiihi... punya barang disayang2nya kebangetan jadinya kalo ga rusak ga beli lagi, wah sama banget kayak aku, sepatu sampe jebol2 masih dipake aja... :D

Amalia said...

Akhirnya ... stlah dcoba bekali-kali keluar juga nih fas. comment...mudah2an commentnya bisa dsave:

Salut buat aa Hafiz yang bisa jagain barang... and pinter deh tahu cara nahan diri buaat ngga beli mainan...;-P ajarin naila, reyhan dan Tante nih..."-D

Anonymous said...

adduh..aduhh, pinter deh mas!
btw, aku tuh belum pernah beliin tas buat Ayra-Alby.., dapetnya yaa..dari goodybag ultah itu.., malah niatnya mau beliin buat Abang SD, tapi keduluan ma tantenya..ya, sutralah..

kalau soal sepatu buat Hafiz, jgn cuma satu ya, bu..he..he..
kapok aku, pernah kejadian ama ayra, besok mau lomba.., eee..pas dijemur, lupa diangkat..akhirnya tuh sepatu nginep diloteng..dan basah pula kena hujan.., besoknya abang nggak punya sepatu.., jadi minjem temennya..utk lomba, sorenya langsung cari sepatu baru, meski sepatu lamanya dah kering :D

Anonymous said...

good story! kalau ada masalah dengan tas kamu yang terkena kotoran,dan tidak sempat membrsihkan nya,segera antarkan ke The Paris Shoes Bag,laundry tas terbaik di Medan.
Laundry Tas di Medan