Monday, July 23, 2007

Seminggu Pertama


Jangan tanya deh gimana semangatnya mas Hafizh menyambut hari barunya di SD. Ibunya aja semangat banget loh :). Sayangnya meskipun di hari pertama Ibu cuti tapi berhubung mbak Siti juga cuti pulang kampung, jadi mas Hafizh berangkat sekolah diantar sama Ayah saja. Ayah menunggu mas Hafizh selesai 'upacara', setelah masuk kelas baru Ayah pulang untuk jemput Ibu yang sudah selesai beres-beres plus dek Haqqi yang sudah rapi dan siap bermain di sekolah baru mas Hafizh :).

Di hari pertama ini Alhamdulillah gak ada masalah sama sekali, mas Hafizh langsung tune-in dengan kelas barunya. Seperti orientasi di hari rabu & kamis lalu, mas Hafizh masuk ke Grade-1 Surfing (ada tiga kelas Climbing, Surfing & Cycling) dibawah bimbingan Ms. Silma & Mr. Chairin.

Hari itu juga semua perlengkapan sekolah yang sudah kita siapkan kemarin dibawa ke sekolah. Banyak banget deh, ada meja lipat, peralatan sholat, baju ganti, alat2 tulis & mewarnai, buku2 tulis, celemek sampai sandal jepit dibawa untuk disimpan di dalam locker.
Saking hebohnya hari itu, Ibu sampai lupa ambil foto selama di sekolah, padahal kamera stand-by di tas. Sayang banget deh, soalnya besok2 kita gak boleh mengantar sampai ke dalam kelas.

Yang jelas hari ini mas Hafizh gembira sekali. Pulang sekolah waktu Ibu tanya: senang nggak mas di sekolah? jawabnya: senang Bu... tapi senangnya itu senang bangettt! :D

Hari kedua, masih dengan kehebohan yang sama di pagi hari, soalnya selama dua minggu ini sekolah belum menyediakan katering, jadi murid2 harus membawa bekal untuk snack & lunch dari rumah untuk sementara.
Mas Hafizh berangkat sekolah sekitar jam 7, barengan Ayah Ibu berangkat ngantor, iya naik motor, seru kan :). Ini berlaku untuk seterusnya loh, jadi mas Hafizh ikut antar jemput mobil sekolah hanya untuk pulangnya saja.
Sebenarnya hari ini murid grade-1 masih boleh ditunggu oleh orangtuanya, tapi mas Hafizh yang kelihatan sudah enjoy dengan sekolahnya malah nggak mau ditunggu :p.

Untuk grade-1, kelas belajar berakhir jam 1.30, jadi mas Hafizh sampai rumah sekitar jam 2 siang. Waktu Ibu telpon ke rumah jam 2 lewat sedikit, mas Hafizh sudah tertidur dengan pulas sesuai pesan Ibu pagi harinya, soalnya ada jadwal mengaji dan les sempoa sorenya (mas Hafizh menolak keras saran Ibu untuk berhenti les sempoa & les menggambar :p)

Hari ketiga, semua berjalan seperti biasa hanya ada satu bedanya, yaitu hari ini sampai hari sabtu Ibu harus berangkat ke Bandung utk urusan kantor. Jadi pagi itu penuh dengan pesan-pesan untuk mas Hafizh supaya nggak lupa periksa jadwal pelajaran setiap malam (meskipun sekolah nggak pernah 'ngirim' pe-er ke rumah, tapi Ibu mau mas Hafizh selalu menyiapkan diri untuk pelajaran esok harinya).

Pesan-pesan untuk Ayah supaya gak lupa periksa agenda & buku penghubung dari sekolah setiap malam dan yang paling penting untuk 'menyiapkan' mas Hafizh setiap pagi supaya siap berangkat tepat waktu. Juga pesan-pesan untuk mbak Siti & mbak Kun tentang menu2 harian, menu2 bekal sekolah mas Hafizh.
Berat banget deh mau pergi tiga hari ajah :D

Ada kejadian yang bikin deg-degan hari ini. Jam 2 siang, saat Ibu di kantor sedang siap-siap berangkat ke bandung, Ayah telpon mengabarkan bahwa mas Hafizh ditinggal oleh mobil jemputannya. Hah? kok bisa? Ibu panik banget, ngbayangin mas Hafizh 'sendirian' disekolah. Rupanya mas Hafizh menolak ikut jemputan dengan alasan hari ini akan dijemput oleh Ayahnya. Pak Heri -sopir jemputan- memutuskan untuk pulang tanpa mas Hafizh (karena dia keukeuh banget bakal dijemput Ayah) setelah mengabari ke rumah & 'mengembalikan' Hafizh kepada pak Chairin -gurunya-. Pak Chairin lalu menghubungi Ayah dan Ayah berbicara langsung dengan mas Hafizh. Entah gimana mas Hafizh merasa mendapat pesan dari Ibu bahwa hari itu akan pulang dijemput Ayah, hiks miss-communication, padahal pesan Ibu adalah supaya mas Hafizh hati-hati selama di bocengan motor Ayah selama Ibu nggak ada.

Akhirnya Ayah 'menitipkan' mas Hafizh kepada pak Chairin supaya bisa ikut mobil yang berangkat jam berikutnya (jemputan murid grade-3 yang pulang jam 2.30 siang). Kalau Ibunya gelisah selama perjalanan ke Bandung, maka lain halnya dengan mas Hafizh. Menurut laporan dia malah senang bisa lebih lama di sekolah hari itu. Waktu Ibu telpon ke rumah, mas Hafizh malah tertawa-tawa senang menceritakan pengalamannya hari itu. Duh... mas Hafizh!



Hari keempat & kelima, Ibu cuma bisa memantau dari Bandung. Alhamdulillah semua berjalan baik. Dek Haqqi yang baru pertama kali ini jauh dari Ibu, kata Ayah nggak terlalu rewel di malam hari. Mas Hafizh untuk pertama kali sholatnya full 5 waktu, horee... mas Hafizh hebatt!!. Biasanya kan sholat cuma sekali2 saja, tapi sholat berjamaah di sekolah & motivasi guru-guru rupanya cukup membantu janji mas Hafizh untuk rajin sholat setelah masuk SD. Alhamdulillah, semoga terus begitu ya, Nak!

Begitulah cerita seminggu pertama di SD. Semoga semangat mas Hafizh bisa terpelihara sampai seterusnya. Sabtu siang, sepulang dari Bandung (hiks Ayah gak bisa nyusul ke bandung hiks) Ibu tanya: sudah seminggu nih sekolah, gimana rasanya mas? mas Hafizh jawab: Enak banget, kayaknya aku mau sekolah disitu terus Bu!
Haha... mungkin dia pikir ini masih lanjutan masa pencarian sekolah yang selama ini giat kita lakukan.
Tenang mas... nikmatilah masa enam tahun kedepan yaa... Insya Allah.


di atas ada 'kurungan' trampolin favorit mas Hafizh,
tiap pagi lompat2 dulu sebelum masuk kelas :)


daag Ibu... cuma boleh anter sampe tangga ini nih :)
.

..

9 comments:

Anonymous said...

wah miskomunikesyen ya? untungnya si kakak hepi2 aja :).

syukurlah kalau betah di sekolahnya ya :)

Lita Uditomo said...

nama kelas nya lutju2 deh...surfing, climbing, cycling...;-)

asik ya sekolahnya, semoga tetep asik ya sampai 6 taun ke depan..

mas hafiz kyk rizki, betah banget di sekolah sampai kadang2 ngga mau pulang sekolah, mau nginep aja...hehehe...

met belajar ya, mas...

~Bunda ShaHaRee~ said...

ahhh mb ratih, ngebacanya persis spt yg kualamin deh ... berasa bener2 berkaca pd keadaaan shafa skr ... cuma beda sekolah dan lokasi rumah aja :D

satu hal yg paling kusyukurin skr adl hal sholat wajib ini mb, skr alhamdulillah spt halnya mas hafizh, tanpa dikomando begitu denger adzan shafa lgs ambil wudlu ... amazing dan alhamdulillah sekali ya ..

smoga anak2 kita enjoy bisa menikmatin masa2 SD-nya dengan bahagia ;)

Ratih said...

mb Yanti: mis-kom yg bikin deg2an :)
mbak, aku sedih nih gak bisa lagi ninggalin komen di blog-mu, gemes banget deh, cuman bs baca doang..

mb Lita: iya mbak, tiap naik grade ganti juga tema utk nama kelasnya, lucu ya.. :)
salam buat mas Rizky dari Hafizh, sesama pecinta gedung sekolahan :D

mb Lilik: seneng ya mbak liat anak2 kecil itu rajin sholat, hehe... tapi kalo sholat subuh tuh msh susah bgt dibanguninnya, kayak ibunya :D

Lesca Boma said...

Senangnya... :D
Tahun depan Bianca juga masuk SD. Masih bingung milih sekolahnya ;-p
Nyari yang ada jemputan sampe rumah kok susah ya... :(

Eniwei, selamat buat Mas Hafizh ya!
Selamat menikmati masa2 jadi anak SD ;-) Semoga jadi anak pinter & soleh, sperti doa Ibu sama Ayah. Amin... :)

NTW, kemarin di Bandung sempet ketemuan sama Erin Surat?

bundanya i-an said...

wah ternyata mas hafizh betah sekolah.. seneng yah.. syukur.. smangat terus belajar ya say...

Anie said...

wah.. mas hafizh semangat banget skolahnya..
harus tetep begitu ya.. :)

btw, itu ikut les byk amir :p

Mom of Calysta 'n Clarissa said...

Mas Hafizh dah mulai sekolah ya..keiknya betah niy...yg rajin ya...

Ratih said...

Lesca: selamat nyari sekolah yaa..:) amiin..amiin.. thanks doanya,
kemarin gak sempet euy ketemuan sm Erin :(

Bunda I-an: iya tuh, semoga semangat terus kedepannya.

Anie: sempoa & melukis, itu belum karate, TPA dan ngaji privat :D.
Semua dia sendiri yg minta & Alhamdulillah so far dia konsekuen sama semua lesnya

Wilda: doa-in ya... biar semangatnya gak padam :)