Tuesday, February 21, 2006

Tentang Metromini & Romantikanya

Kali ini pengen cerita tentang hubungan mesra-ku dengan metromini. Langgananku no. 610 jurusan Pondok Labu-Blok M, naik dari Fatmawati turun di Blok M. Lanjutannya P66 kopaja jurusan Blok M-Manggarai, naik dari Blok M turun di depan kantor di Gatsu.

Kalau dulu sebelum hamil, perjalanan kira-kira 1 jam lebih itu aku isi dengan membaca buku atau novel. Tapi sekarang ini secara bawaannya ngantuuk melulu ya udah tidur aja deh..

Kalau dulu sebelum hamil, juara deh ngejar-ngejar metromini trus kalo turun juga nggak ragu untuk lompat meskipun si metro belum benar-benar berhenti (lha metromini mah nggak pernah benar-benar berhenti kecuali macet atau lampu merah). Tapi sekarang, oh no.. pernah maksain naik metromini yang masih jalan, tapi karena ragu-ragu sama perut malahan nyaris jatuh karena pegangan terlepas, tulang kering menabrak pintu huhu.... lumayan memar-nya.

Kalau dulu sebelum hamil, aku nggak pernah milih metromini. Sekarang milih dong ah... milih yang kosong alias ada tempat duduk. Soalnya nggak kuat euy berdiri lama-lama, apalagi kalo penuh banget, cuaca panas dan macet, wow...

Biasanya di Fatmawati mas Ipung turunin aku di depan MonAmi/apotik Melawai, disitu aku suka numpang duduk di kios rokok sambil nunggu 610 yang kosong. Sampai di Blok M aku jadi sering ikut metromininya sampai masuk terminal, biarin deh agak lama tapi bisa dapat P66 yang kosong. Soalnya kalo turun didepan terminal seperti biasanya, wah nyaris nggak mungkin dapet tempat duduk. Akibat dari 'keringkihan'ku ini, belakangan aku jadi sering banget terlambat, kadang jam 9 lewat baru sampai kantor (jam kantor 8.30). Tapi untungnya orang-orang kantorku itu memang baru 'on' selewat jam 9, jadi nggak terlalu masalah kalau baru terlambat segitu ajah....hehe (ngeles.com).

Di awal-awal kehamilan sih masih suka ge-er, yakin banget kalo nanti perut mulai kelihatan membuncit pasti banyak deh penumpang yang bakal baik hati tawarin kursinya. Tapi ternyata salah banget, udah mulai pakai baju hamil gini teteup lho belum ngliat ada yang baik hati sama perempuan hamil, hihi kasian deh gue...

Pernah ada nenek tua yang naik, waktu itu aku pas lagi dapet tempat duduk, tengok kanan tengok kiri nggak ada loh pria-pria muda yang bersedia ngasih tempat duduknya. Akhirnya malah aku yang kasih kursiku buat si nenek dengan pertimbangan pasti aku masih lebih kuat daripada nenek itu. Sambil berdiri aku pandangin tuh cowok-cowok yang duduk, uhh gemess banget liat mereka pura-pura nggak tau gitu.

Barangkali memang begini ya kehidupan metropolitan yang serba cuek, serba sendiri-sendiri. Ya memang nggak semua orang sih, tapi rata-rata ya begitu. Kalau cuma perempuan muda sih biasa deh dicuekin atas nama emansipasi, tapi kalo perempuan tua atau perempuan hamil atau laki-laki tua??

Kemarin pagi di P66, ada perempuan muda yang lagi hamil kira-kira perutnya sebesar perutku naik dari Jl. Patimura. Berdiri. Aku yang Alhamdulillah dapet kursi yang nyaman didekat jendela hanya bisa memandanginya penuh simpati, aku beri senyum, dia juga balas tersenyum, seolah kami saling mengerti.... oh Jakarta... :-)


previous comment

No comments: