Tuesday, May 09, 2006

32 atau 34 minggu?


Menurut hitungan usg pertama kali (tgl 15 Nov’05 ) usia janin saat itu 7 minggu berarti usia saat ini 32 minggu. Nggak bisa ngitung dari hari haid terakhir karena siklus haid yang sangat tidak teratur.
Tapi menurut usg terakhir (dan dirunut dari 3 bulan terakhir) usia janin berdasarkan berat dan lingkar kepala saat ini adalah 34 minggu.
Kata Dr. Dewi; sepertinya bayi Ibu yang memang besar nih, hati-hati ya. ;-)

Kok Dr. Dewi?
Iya akhirnya hari senin kemarin aku konsultasi ke Dr. Dewi, setelah hari sabtu lalu menjadi puncak kekecewaanku sama prakteknya Dr. Wal.
Dari jadwal praktek jam 10, baru jam 12.15 namaku dipanggil, itupun setelah melompati 6 pasien yang mungkin nggak kuat nunggu lama disitu. Selain aku memang dapat nomor urut 11, Dokternya juga datang terlambat banget karena katanya ada tindakan. Akibatnya, acara konsultasi jadi terasa terburu-buru, nggak bisa ngobrol lama sama beliau. Padahal banyaaak banget yang pengen ditanyain, tapi pasien lain yang menunggu juga masih banyaaaak banget.
Belakangan kejadiannya begini terus. Memang udah resiko pake dokter bagus & senior yang banyak penggemarnya.

Apalagi aku ke RS cuma ditemani Hafizh, ini kedua kalinya jagoanku mengawal Ibunya ke dokter, menggantikan Ayahnya yang lagi nggak bisa ninggalin kerjaannya. Lewat jam 11.30 dia mulai ‘rewel’ nggak betah, dan terus ngajak pulang. Bekal snack udah habis dimakan, bekal majalah juga udah habis dibolak-balik. Untungnya nggak lama dia dapat teman sebaya yang bisa diajak main kejar-kejaran.

Setelah tanya kanan kiri, akhirnya aku memutuskan untuk mencoba konsul ke Dr. Dewi, dokter muda yang cantik berjilbab. Jadilah senin kemarin aku mbolos kantor untuk ketemu sama beliau, soalnya dokter ini nggak ada jadwal praktek malam hari, sementara aku udah nggak tahan nunggu minggu depan untuk tanya macam-macam. Salah satunya ya hitungan usia janin, karena penting buatku untuk menghitung hari dan menentukan jadwal cuti.

Alhamdulillah dokternya komunikatif banget, aku ngobrol dengan leluasa termasuk kekhawatiranku karena kisah proses melahirkan pertamaku yang sedikit bermasalah.

Jadi menurut Dr. Dewi, hitungan kehamilanku baru 32 minggu tapi berat bayi sudah 2,4 kg alias melebihi berat normal usianya. Sementara InsyaAllah masih ada 8 minggu lagi, berat bayi bisa 4kg kalo nggak ngontrol makanan. Hafizh aja yang lahir ‘cuma’ 3,56 kg perlu proses 18 jam lebih di kamar tindakan untuk ngeluarinnya. Ingat ukuran tulang panggul, kalo bisa ya jangan lebih dari 3,5 kg deh.

Sekarang total kenaikan berat badan sudah 15 kg. Huaa...pantesan! Waktu Hafizh dulu sampai lahir total kenaikan cuma 14 kg.
Aku punya pe-er yang berat niih. Wish me luck!



6 previous comments

No comments: